Yang Saya Bingung Itu…

Manusia emang udah seharusnya banyak nanya. Tanya ini, tanya itu. Kalo bingung nanya. Kan udah ada pepatahnya, “Malu bertanya, sesat dijalan”. Itu juga kalo kondisi “Kebanyakan nanya, malu dijalan” gak berlaku. Tapi ada pertanyaan yang saya gak ngerti dan nanyain ke orang lain, eh, malah sama – sama gak ngerti. Jadi pertanyaan yang bikin saya bingung itu…

  • Air itu menguap di atas suhu 100°C, terus apa kita ngeringin jemuran pake suhu segitu?
  • Fluida itu zat yang bisa mengalir kaya cairan sama gas, terus kalo jam pasir itu pasirnya fluida kah? Kan bisa ngalir juga
  • Sejak kapan tukang jualan disebut PKL? Yang ada itu rodanya tiga kakinya dua, kata siapa ada lima kakinya? mana tiga lagi?
  • Radiasi merambat tanpa melalui medium. Contoh perpindahan kalor dengan radiasi itu cahaya matahari, terus apa kita ada di ruang hampa sehingga panasnya bisa diterima?
  • Sebenernya temperatur sama suhu tuh sama atau beda sih?
  • Rumus gas ideal itu kan P.V=n.R.T atau sederhananya P=1/V, jadi kalo tekanan terus di naikin sebuah volume akan jadi nol gitu? hilang?
  • Kenapa orang bilang binatang yang jago berenang itu ikan? sebenarnya ikan itu berenang di permukaan atau menyelam di dalam air?
  • Kenapa tukang nasi goreng suka bukanya malem? terus kenapa tukang bubur suka bukanya pagi?
  • Kenapa warung nasi di hari minggu tutup? apa kita harus libur makan juga?
  • Kenapa jam cuma sampai angka 12? gak yang lain gitu
  • Harga BBM di naikan, kenapa harga air mineral juga ikut naik?
  • Kenapa kalo kita pake jas almamater univ terus – terusan dikira MABA? terus kalo gak punya alma disebut SMA?
  • Kenapa kalo pake Jaket Himpunan terus – terusan kaya MABA? terus kalo gak punya juga keliatan MABA
  • Kenapa pas waktu SMA kita pengen ngerasain bebasnya kuliah? sedangkan pas jadi mahasiswa pengen kembali menikmati santainya SMA
  • Kenapa ulang tahun itu dirayain? padahal itu countdown kematian
  • Kalorimeter itu alat ukur bukan sih? kan ada bacaan meternya
  • Arus tuh kan muatan yang mengalir tiap waktu, sebenernya muatan apa yang ngalir? positif atau negatif?
  • Kenapa coba jam analog muternya ke kanan bukan ke kiri?
  • Siapa orang iseng yang ngacak – ngacak susunan keyboard jadi QWERTY? kenapa gak ABCDE aja? apa coba motifnya?
  • Guru nyatet di papan tulis, tulisan disalin kebuku oleh murid, guru ngasih ujian, tulisan buku disalin ke kertas ujian, kertas ujian dikasih lagi ke guru. Murid dapet apa coba? itu kan sistem pembelajaran kita?
  • Cahaya sama sinar tuh sama atau beda sih?
  • Kenapa letak supir mobil beda – beda? ada yang di kanan terus ada yang di kiri
  • Yang terakhir saya bingung tuh kamu. Kenapa coba kamu teh… ah membingungkan…

Sumber: Pengalaman hidup, senior – senior luar biasa, dosen dengan pemikiran out of the box. Terima kasih kalian yang telah mengajarkan saya untuk berpikir kritis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s