Page 365 of 365

Nah, akhirnya sampai disini juga. Hari ke 365 dari 365 hari di tahun 2014. Udah pada nge twit wish wish nya belum? Belum? Ah kalian mah kurang update. Hahaha. Sebenernya mah gak usah pasang impian – impian karena impian kalian gak bakal kesampaian kalo kalian cuma duduk, update status, liat kembang api, tidur sampai siang, solat subuh kelewat. Kapan usahanya? Hari baru aja di mulainya sama hura – hura. Yang penting di tahun baru tuh kerja, usaha. Udah itu aja sih kuncinya. Dan buat umat islam, jangan terlalu larut jatuh ke perayaan nya orang lain. Inget, kalian tahun baru muharam apal gak tanggal berapa tiap tahunnya? Enggak? Sama saya juga gak apal. Ya, tapi setidaknya imbangin lah rasa bahagia kita pas tahun baru Islam sama tahun baru Masehi nya, Oke..!!!

New Year Wallpaper.Oke lah, disamping pernyataan diatas, saya, Adam Alfath beserta segenap jajaran pagar rumah meminta maaf lahir batin, kalau – kalau di tahun 2014 ini punya salah (pastinya punya salah). Buat semua temen – temen atau siapapun bisi ada yang kesinggung, maafin ya. Oh iya ini juga kayanya jadi postingan di tahun 2014 yang terakhir. Makasih buat semuanya yang udah baca – baca tulisannya. Mudah – mudahan ada yang bermanfaat atau setidaknya menghibur. Udah lah, oke, dadah semuanya. Jangan lupa cepetan tidur, biar nanti malem bisa liat yang burinyay – burinyay di langit malam seluruh dunia.

Advertisements
Link

Mau Nanya Apa?

Biar kekinian ah punya ask.fm Sok mangga yang mau tanya – tanya tinggal di klik aja gambar di bawah

ask_fm-logo-512x185

Image

Kalian Sekolah Dapat Apa Sih?

quote-Tom-Bodett-the-difference-between-school-and-life-in-67435

Bener gak? Saya mah kadang suka bingung, kenapa sih para pelajar (saya juga termasuk) sukanya pada ngejar nilai. Nilai tuh kan angka. Gampang itu mah tinggal minta juga beres mau nilai 110 juga bisa. Wahai para pelajar… kalian mah lebih baik nilai bagus, gimanapun caranya daripada kerja jujur, gimanapun hasilnya. Lebih baik sih udah jujur, terus nilai bagus. Tapi kebanyakan menghalalkan segala cara kaya nyontek, kerja sama, nyari bocoran lah. Mikir coba, kalo sistemnya kaya gitu, pelajar Indonesia gak bakal maju – maju. Giliran soalnya diubah dikit, langsung kelabakan. Giliran disuruh ngerjain sendiri di depan, udah pias panas keringet dingin gak bisa ngerjain. Nah loh. Cik coba lah nanti mah, mulai dari sekarang berubah. Inget, hidup kalian itu gak dinilai sama angka. Hidup kalian itu dinilai dari bagaimana menyikapi kehidupan itu sendiri. Karenan nanti proses kehidupan di sekolah akan berbanding terbalik dengan kenyataan hidup yang ada. Seperti kaya quote diatas. “Di sekolah, kita belajar buat menghadapi ujian. Tapi di kehidupan, kita di uji untuk mandapat pelajaran”.

Oh iya, nitip pesan juga ke temen – temen seperjuangan yang sekarang lagi musim durian, eh salah, sekarang lagi musim UAS, sok selamat mengerjakan, selamat belajar, selamat begadang, selamat berpusing ria dengan buku textbook bahasa Inggris, selamat berkutat dengan integral yang bentuknya udah kaya mie kriting. Dan jangan lupa satu hal lagi, JUJUR. Inget kerjain sendiri. Karena jujur itu indah. Seindah angka 4.00 yang didapat dari perasan usaha dan kerja kita sendiri. Udah malem ternyata. Oke, pokoknya selamat UAS. Banggakan dirimu dan orang tua mu.

Yang Saya Bingung Itu…

Manusia emang udah seharusnya banyak nanya. Tanya ini, tanya itu. Kalo bingung nanya. Kan udah ada pepatahnya, “Malu bertanya, sesat dijalan”. Itu juga kalo kondisi “Kebanyakan nanya, malu dijalan” gak berlaku. Tapi ada pertanyaan yang saya gak ngerti dan nanyain ke orang lain, eh, malah sama – sama gak ngerti. Jadi pertanyaan yang bikin saya bingung itu…

  • Air itu menguap di atas suhu 100°C, terus apa kita ngeringin jemuran pake suhu segitu?
  • Fluida itu zat yang bisa mengalir kaya cairan sama gas, terus kalo jam pasir itu pasirnya fluida kah? Kan bisa ngalir juga
  • Sejak kapan tukang jualan disebut PKL? Yang ada itu rodanya tiga kakinya dua, kata siapa ada lima kakinya? mana tiga lagi?
  • Radiasi merambat tanpa melalui medium. Contoh perpindahan kalor dengan radiasi itu cahaya matahari, terus apa kita ada di ruang hampa sehingga panasnya bisa diterima?
  • Sebenernya temperatur sama suhu tuh sama atau beda sih?
  • Rumus gas ideal itu kan P.V=n.R.T atau sederhananya P=1/V, jadi kalo tekanan terus di naikin sebuah volume akan jadi nol gitu? hilang?
  • Kenapa orang bilang binatang yang jago berenang itu ikan? sebenarnya ikan itu berenang di permukaan atau menyelam di dalam air?
  • Kenapa tukang nasi goreng suka bukanya malem? terus kenapa tukang bubur suka bukanya pagi?
  • Kenapa warung nasi di hari minggu tutup? apa kita harus libur makan juga?
  • Kenapa jam cuma sampai angka 12? gak yang lain gitu
  • Harga BBM di naikan, kenapa harga air mineral juga ikut naik?
  • Kenapa kalo kita pake jas almamater univ terus – terusan dikira MABA? terus kalo gak punya alma disebut SMA?
  • Kenapa kalo pake Jaket Himpunan terus – terusan kaya MABA? terus kalo gak punya juga keliatan MABA
  • Kenapa pas waktu SMA kita pengen ngerasain bebasnya kuliah? sedangkan pas jadi mahasiswa pengen kembali menikmati santainya SMA
  • Kenapa ulang tahun itu dirayain? padahal itu countdown kematian
  • Kalorimeter itu alat ukur bukan sih? kan ada bacaan meternya
  • Arus tuh kan muatan yang mengalir tiap waktu, sebenernya muatan apa yang ngalir? positif atau negatif?
  • Kenapa coba jam analog muternya ke kanan bukan ke kiri?
  • Siapa orang iseng yang ngacak – ngacak susunan keyboard jadi QWERTY? kenapa gak ABCDE aja? apa coba motifnya?
  • Guru nyatet di papan tulis, tulisan disalin kebuku oleh murid, guru ngasih ujian, tulisan buku disalin ke kertas ujian, kertas ujian dikasih lagi ke guru. Murid dapet apa coba? itu kan sistem pembelajaran kita?
  • Cahaya sama sinar tuh sama atau beda sih?
  • Kenapa letak supir mobil beda – beda? ada yang di kanan terus ada yang di kiri
  • Yang terakhir saya bingung tuh kamu. Kenapa coba kamu teh… ah membingungkan…

Sumber: Pengalaman hidup, senior – senior luar biasa, dosen dengan pemikiran out of the box. Terima kasih kalian yang telah mengajarkan saya untuk berpikir kritis.